Menu

Wednesday 5 July 2017

Memblock Website dengan Webproxy di Router Mikrotik

Proxy adalah suatu aplikasi yang menjadi perantara antara client dengan server, sehingga client tidak akan berhubungan langsung dengan server-server yang ada di Internet. Mikrotik memiliki fitur Web proxy yang bisa digunakan sebagai proxy server yang nantinya akan menjadi perantara antara browser user dengan web server di Internet.

Fungsi dari proxy secara umum adalah sebagai Caching, Filtering, dan Connection Sharing. Semua fungsi ini dapat anda temui pada Web Proxy Mikrotik. Berikut ini adalah Keuntungan / Manfaat Web Proxy pada Mikrotik :
Caching
Web Proxy Mikrotik dapat melakukan caching content yaitu menyimpan beberapa konten web yang disimpan di memori Mikrotik. Konten tersebut akan digunakan kembali apabila ada permintaan pada konten itu lagi. Misalnya anda membuka Facebook.com, maka file-file pada web tersebut seperti image, script, dll akan disimpan oleh web proxy, sehingga jika lain kali anda membuka Facebook maka tidak perlu konek ke Internet pun halaman itu bisa dibuka dengan mengambil file dari cache proxy. Hal ini dapat menghemat bandwidth Internet dan mempercepat koneksi.

Filtering
Dengan menggunakan Web Proxy anda dapat membatasi akses konten-konten tertentu yang di-request oleh client. Anda dapat membatasi akses ke situs tertentu, ekstensi file tertentu, melakukan redirect (pengalihan) ke situs lain, maupun pembatasan terhadap metode akses HTTP. Hal tersebut tidak dapat anda lakukan jika hanya menggunakan NAT. 

Connection Sharing
Web Proxy meningkatkan level keamanan dari jaringan anda, karena computer user tidak berhubungan langsung dengan web server yang ada di Internet.

Sudah tau gambar tentang proxy, kita langsung saja melakukan konfigurasi block website ikut saja langkah-langkahnya.

Pertama kalian klik menu IP lalu pilih WebProxy setelah itu centang enable lalu prot 8080 lalu ganti pada cahce administrator : “Email kalian” ganti juga pada Max.cahe size : Unlimited dan berikan centang pada cahce on disk dan centang juga di Always From Cahce. 

Langkah selanjutnya klik Access dan klik tanda plus pada src.Adress : 0.0.0.0/0, Dst.Port : 80 , Dst. Host : Alamat website yang ini di block dan pada Action : pilih deny lalu klik Apply dan Ok. 
Untuk lebih jelas lihat gambar di bawah ini.



Agar proxy kita menjadi tranparant setting sebagai berikut. Yaitu dengan klik meni IP lalu pilih Firewall setelah itu klik tab Nat dan klik tanda plus dan setting sebagai berikut. 

TAB GENERAL 

CHAIN : dstnat 

PROTOKOL : 6 (tcp) 

Dst.Port : 80,8080,8000 

TAB ACTION 

ACTION : redirect 

TO Port : 8080 lalu klik apply dan Ok.



Demikianlah artikel ini saya buat buat kalian yang lagi belajar dan lagi baca buat nama wawasan. Semoga Bermanfaat.

10 comments: